Monday 15 August 2011

Jakarta - Jambi - Aceh Sepedaan


Mahasiswa Bandung Ini Mudik ke Jambi Bersepeda Fixie
@}ray • 1 jam yang lalu • 3 komentar di Kategori: Umum

Mahasiswa Bandung Ini Mudik ke Jambi Bersepeda

Senin, 15 Agustus 2011 | 11:36 WIB

TEMPO Interaktif, Bandung - Seorang mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran, Aji Ekasapta, 22 tahun, memilih mudik Lebaran dengan naik sepeda fixed gear atau fixie ke Jambi. Perjalanan yang dimulai pada Ahad kemarin itu akan menempuh jarak 1.200 kilometer atau selama sembilan hari.

Menurut Aji, perjalanan mudiknya dengan sepeda itu dilakukan selepas subuh hingga pukul 17.00 WIB. Waktu malam dipakai untuk rehat. "Istirahatnya menumpang di rumah anggota komunitas sepeda di kota yang disinggahi," katanya saat dihubungi Tempo, Senin, 15 Agustus 2011.

Hari ini Aji sudah berada di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Rute yang diambilnya melalui Jakarta, Merak, Lampung, Tulang Bawang, Kayuagung, Palembang, kemudian Jambi. Sepanjang perjalanan, teman-teman kampus dan komunitas sepeda mengawalnya bergantian dengan mobil. "Ini bukan untuk memecahkan atau mencatatkan rekor, tapi untuk kesenangan pribadi," ujarnya.

Sebelumnya, pada Januari 2011, ia telah menjajal bersepeda ke Pulau Komodo dari tempat kosnya di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Jarak sejauh 1.800 kilometer itu ditempuhnya selama 18 hari. Setelah itu Aji makin keranjingan dan hingga kini memilih mudik dengan kereta angin. "Sekalian pulang kampung. Saya sebagai warga ingin memberikan sesuatu ke Kota Jambi," katanya.

Ia mengaku tidak dilarang orang tuanya yang sedang menunggu kepulangannya di Kecamatan Telanaipura, Jambi. Sejauh ini tidak ada masalah seperti rantai rusak atau ban bocor dalam perjalanan jauhnya itu. Rencananya setelah Lebaran nanti kakinya akan mengayuh pedal dari Jambi ke Aceh.

ANWAR SISWADI

http://tempointeraktif.com/hg/hobi/2011/08/15/brk,20110815-351847,id.html

1 comment: