Wednesday 17 August 2011

BIKELANSIA ke Pelabuhan Sunda Kelapa











BIKELANSIA KE PELABUHAN SUNDA KELAPA
by Bambang Gunawan on Wednesday, 17 August 2011 at 15:03

Penasaran, akhirnya berhasil juga gowes ke Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, pada pagi hari tanggal 17 Agustus 2011, merayakan HUT ke-66 Republik Indonesia.



Kalau yang penasaran, anak muda adalah wajar. Tetapi yang penasaran ini adalah LANSIA yang sudah punya KTP seumur hidup yaitu Oma Nita Oen Tien dan Opa Bambang Gunawan.



Kendaraan yang digunakan bukan mobil atau motor tetapi sepeda alias gowes. Sengaja pakai sepeda lipat atau SELI, kalau mendadak tidak kuat gowes lagi bisa dilipat, pulang naik taksi.



Tepat Pukul 6 pagi, berangkat dari Roxy lewat Jalan Gajah Mada menuju Museum Fatahillah.

Di Museum Fatahillah sempat bingung, jalan mana yang harus dilalui untuk ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Terpaksa trial and error saja. Tanpa terduga ketemu Jembatan Gantung Sunda Kelapa.

Cukup sulit bikin foto ini karena lalu lintas ramai sekali. Kemudian ketemu gedung tua ini.



Lalu ketemu Monumen Jangkar ini. Ada yang tahu sejarah Monumen Jangkar ini? Kapan didirikan?

Sayang ya tugu JANGKAR ini banyak coretan.

Sebelah kiri pada foto Monumen atau Tugu Jangkar ini adalah Watchtower Sunda Kepala, untuk mengawasi lalu lintas kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Foto kiri diambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/Sunda_Kelapa sedang foto kanan dibuat pada hari Rabu, 17 Agustus 2011, dengan bukti bahwa Oma Nita Oen Tien berhasil sampai naik sepeda.



Perjalanan selanjutnya ke Museum Bahari yang sayang tutup sehingga tidak bisa masuk ke dalam.

Tujuan utama adalah Pelabuhan Sunda Kelapa tetapi ternyata nyasar ke Pasar Ikan yang kebetulan tidak terlalu ramai walaupun tetap ada ikan yang dijual.



Ketika hampir putus asa ketemu gedung VOC.

Segera berhenti untuk bikin foto lebih dahulu. Akhirnya ketemu juga Pelabuhan Sunda Kelapa yang telah berusia 500 tahun dengan kapal-kapal Pinisi yang unik.

Perjalanan pulang tetap gowes melalui Jalan Hayam Wuruk dan tiba dengan selamat di rumah dengan lama perjalanan selama kurang lebih tiga jam.



Terima kasih kepada http://annekelana.wordpress.com/category/wisata/ yang menjadi sumber info untuk nama tempat di atas.



Bambang Gunawan, 17 Agustus 2011

No comments:

Post a Comment