Sunday 11 December 2011

Gowes, Pelajaran

[QUOTE=topangdagu;398703455]Hari ini gw dapet bbrp pelajaran bagus yg mungkin juga berguna buat temen2 semua:

Buat yg demen gowes secara rombongan dan menempuh jarak yg cukup panjang dan melelahkan, usahakan tiap anggota jangan terpaut terlalu jauh... Yg merasa punya paru2 Dura Ace dan dengkul XTR jangan maen ngacir gitu aja, justru musti jagain temen2 yg fisik dan kemampuannya non series... Kasian kalo sampe ada kejadian kayak tadi di puncak, itu rombongan cuman 8 org katanya tp kok pada mencarnya jauh2 bgt bahkan ada yg udah ngacir duluan katanya...

Usahakan setiap mau gowes bahkan CFD sekalipun kondisi badan musti bener2 fit... Isi perut secukupnya sebelum gowes menjadi keharusan walo cuman bbrp potong gorengan, arem2 dan segelas kopi....

Konsentrasi selama gowes jangan sampe terganggu.... Kelelahan sering kali jadi penyebab hilangnya konsentrasi saat gowes....

Untuk yg demen gowes sambil dengerin musik usahakan suara musik nggak lebih kenceng dari suara klakson mobil... Kadang juga saking asiknya dengerin musik awareness kita ama sekitar jadi berkurang... Akibatnya bisa fatal....

Menurut gw gowes di jln raya itu lebih berbahaya dibanding maen offroad... Kenapa..? Karena kalo kita offroad seringkali kecelakaan itu datang dari diri kita sendiri yg gak bisa ngukur kemampuan atw memaksakan kemampuan sepeda... Sedangkan saat onroad bahaya bisa dateng dari pengguna jalan lainnya, katakanlah kita udah tertib jalan di sebelah kiri, pake helm, lampu dll, tapi apakah bajaj, angkot, metro di jalanan udah pada tertib..?

Dan yg gak bosen2 gw ingetin, jangan lupa piranti keselamatan standar, helm, sarung tangan, lampu dan sepatu... Karena kita gak pernah tau manfaat benda2 itu sebelum kita merasakannya.. Tapi apakah kita nunggu celaka dulu baru pake itu semua..? Gak usah ngomongin takdir deh itu urusan Yg Di atas....

Oh iya ada satu lagi neh, sebaiknya kita mengenal dengan baik sepeda kita bahkan kalo perlu kita pelajarin deh prinsip2 dasar sepeda, jadi kalo tiba2 ada trouble di jalan kita tau apa yg musti kita lakukan.... Iya kalo troublenya di jalan raya kita bisa aja cari bengkel terdekat, tapi gimana kalo kejadiannya di tengah hutan..??? Hiii jgn sampe deh... Gw pernah ngalamin yg namanya ban bocor, rem blong dan rante putus pas offroad... Buat yg demen oprud bawa Kunci L & ban dalem berikut penyungkilnya menjadi piranti wajib... Kalo gw sih pasti bawa tuh termasuk pompa, tang dan obeng +-.. Berat dikit gpp lah tapi rasakan manfaatnya....

Maap bukan sok ngajarin yah, tapi ini bener2 tru setori deh.....

Ai lop yu puuuuulll.....[/QUOTE]


Sumber: http://www.kaskus.us/showpost.php?p=398703455&postcount=1346

No comments:

Post a Comment