Saturday 28 May 2011

Jalur sepeda awal di Jakarta


7 hari yang lalu

Sumber: http://bit.ly/kmDEZH

TEMPO Interaktif, Jakarta - Lajur pertama sepeda di Jakarta Selatan mulai hari ini, Ahad 22 Mei 2011, mulai diresmikan pemakaiannya. "Ibarat busway, pemakai sepeda dibuatkan jalur khusus karena pemakainya mencapai 6 juta," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat meresmikan lajur pertama sepeda di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lajur sepeda pertama di DKI Jakarta ini melintang sepanjang 1,4 kilometer dari Taman Ayodya di Jalan Mahakam, melintasi sepanjang Jalan Melawai Raya hingga depan Plaza Melawai. Fauzi menjanjikan pembuatan lajur sepeda di Jakarta tak akan berhenti sampai di sini. "Kalau ada yang pertama, pasti akan ada yang kedua dan ketiga, pasti akan diteruskan," kata Fauzi. Namun, untuk mengembangkan jaringan lajur sepeda itu, ia mensyaratkan agar pengguna sepeda sepeda juga semakin banyak.
Berbeda dengan jalur busway yang dicat merah, lajur sepeda yang lebarnya 2 meter ini diwarnai dengan cat warna hijau dan tanpa pembatas. Diakui oleh Gubernur Fauzi, hal ini dapat menjadi kendala bagi keamanan pengguna sepeda, terutama di jalan yang lalu lintasnya cukup ramai seperti Jalan Melawai Raya.

Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. "Data perkembangan pesepeda ini belum ada, tapi kita harap bisa melebihi perkembangan sepeda motor yang 16 persen per tahun," kata Gamawan selaku Ketua Dewan Pembina Komite Sepeda Indonesia.

Menurut rencana, pembangunan lajur sepeda tahap I dari Taman Ayodya ke Melawai ini akan disambung oleh tahap II, yakni dari Melawai ke Kantor Wali Kota Jakarta Selatan di Jalan Prapanca melewati Jalan Iskandarsyah. Sebenarnya kedua lajur ini terintegrasi dan dituangkan dalam Surat Keputusan Gubernur No. 680 Tahun 2011. "Tapi, untuk tahap II akan dibangun usai pembangunan jalan layang nontol Antasari-Blok M," kata Ketua Umum Komite Sepeda Indonesia yang juga Wali Kota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi.

PINGIT ARIA

No comments:

Post a Comment