Saturday 28 May 2011

Jalur sepeda awal di Jakarta


7 hari yang lalu

Sumber: http://bit.ly/kmDEZH

TEMPO Interaktif, Jakarta - Lajur pertama sepeda di Jakarta Selatan mulai hari ini, Ahad 22 Mei 2011, mulai diresmikan pemakaiannya. "Ibarat busway, pemakai sepeda dibuatkan jalur khusus karena pemakainya mencapai 6 juta," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat meresmikan lajur pertama sepeda di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lajur sepeda pertama di DKI Jakarta ini melintang sepanjang 1,4 kilometer dari Taman Ayodya di Jalan Mahakam, melintasi sepanjang Jalan Melawai Raya hingga depan Plaza Melawai. Fauzi menjanjikan pembuatan lajur sepeda di Jakarta tak akan berhenti sampai di sini. "Kalau ada yang pertama, pasti akan ada yang kedua dan ketiga, pasti akan diteruskan," kata Fauzi. Namun, untuk mengembangkan jaringan lajur sepeda itu, ia mensyaratkan agar pengguna sepeda sepeda juga semakin banyak.
Berbeda dengan jalur busway yang dicat merah, lajur sepeda yang lebarnya 2 meter ini diwarnai dengan cat warna hijau dan tanpa pembatas. Diakui oleh Gubernur Fauzi, hal ini dapat menjadi kendala bagi keamanan pengguna sepeda, terutama di jalan yang lalu lintasnya cukup ramai seperti Jalan Melawai Raya.

Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. "Data perkembangan pesepeda ini belum ada, tapi kita harap bisa melebihi perkembangan sepeda motor yang 16 persen per tahun," kata Gamawan selaku Ketua Dewan Pembina Komite Sepeda Indonesia.

Menurut rencana, pembangunan lajur sepeda tahap I dari Taman Ayodya ke Melawai ini akan disambung oleh tahap II, yakni dari Melawai ke Kantor Wali Kota Jakarta Selatan di Jalan Prapanca melewati Jalan Iskandarsyah. Sebenarnya kedua lajur ini terintegrasi dan dituangkan dalam Surat Keputusan Gubernur No. 680 Tahun 2011. "Tapi, untuk tahap II akan dibangun usai pembangunan jalan layang nontol Antasari-Blok M," kata Ketua Umum Komite Sepeda Indonesia yang juga Wali Kota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi.

PINGIT ARIA

Tarian fixie

Fun Bike Unik Idea Koskas Jakarta Timur

Jakarta Gaeden City Fun Bike

http://sepeda.sportku.com/berita/news/actual/5458-fun-bike-unik-ide-koskas-jakarta-timur

Tuesday 24 May 2011

Tren Sepeda


Penikmat sepeda Tanah Karo, Kabupaten Karo sangat potensial untuk kenikmatan gowes dan tren sepeda kini cukup diwakili dengan adanya acara berikut di lokasi Top Jakarta

http://www.indonesiabicycleshow.com/

Sunday 22 May 2011

Fun Bike Gereja, DEKENAT Timur

Mengayuh kebersamaan, Membangkitkan Kasih Persaudaraan. Tidak kurang dari 300 sepeda turun kejalan gowes bersama termasuk Pastor ikut ambil bagian. Habis itu misa hikmat dilakuan dan dilanjutkan acara hiburan.










Saturday 21 May 2011

Cara Bersepeda

Cara bersepeda di saat lintasan basah atau hujan

cek tekanan angin ban…jangan terlalu keras ( depan 25- 30 psi – belakang 30 – 38 psi sesuai lebar ban, berat badan rider dan berat sepeda )…berikan pelumas yang agak banyak pada rantai sepeda…

a. saat melihat jalanan yang digenangi air, baiknya dilintasi saja jika ban kita sudah lengket oleh tanah yang seperti donut agar terlepas….dan lewati jalan yang berumput untuk melepas tumpukan tanah pada ban.

b. saat melintasi jalan yang berlumpur usahakan hindari ke samping jika memungkinkan…atau lebih baik turun dari atas sepeda dan digotong saja…untuk menghindari trouble pada sepeda…atau jika ingin mencoba tetap melintasi pindahkan posisi chain ring gear depan ke posisi paling kecil, kemudian posisi sproket gear belakang ke gear paling kecil…..karena dengan posisi gear yang demikian otomatis posisi RD belakang menggantung ke atas….maka akan terhindar dari tercelup ke dalam air yang berlumpur….yang bisa mengakibatkan putus rantai atau RD patah karena putaran rantai akan tersendat akibat tumpukan tanah yang menyangkut pada selah RD….pelumasan pada rantai pun akan berkurang akibat terkena air dan tanah…..setelah melewati genangan tersebut kembalikan / ubah posisi gear anda sesuai dengan kondisi trek….sebaliknya ubah kembali saat melihat genangan lagi.

c. saat tanjakan curam lebih utamakan torsi dan RPM yang stabil / putaran yang bulat sesuai tenaga masing-masing untuk menjaga traksi ban belakang….posisi badan duduk tetap pada ujung sadle sampai ujung tanjakan…karena jika posisi kita berdiri saat menanjak di trek basah “tipis” kemungkinan kita dapat melalui bisa sampai di ujung tanjakan tersebut karena ban belakang kehilangan traksi…torsi hanya bisa didapatkan dari latihan strength, RPM yang tinggi min. 120 rpm, interval, sprint….

d. saat turunan manfaatkan rem depan 60 – 70 %…rem belakang 40 % – 30 %…jangan panic jika sepeda meluncur terlalu cepat…jangan ditekan ke 2 rem sampai 100 % yang mengakibatkan jatuh yang beresiko tinggi….lebih baik jika panic rem 100 % di bawah setelah melalui turunan agar tidak jatuh salto atau terjatuh slide…jika mental tidak siap masih ragu – ragu lebih baik tuntun TTB…sah sah saja…pembalap berpengalaman pun masih beresiko terjatuh saat turunan licin…” BAIKNYA TETAP DIPELAJARI DAN DICOBA SEPELAN MUNGKIN”

Perlu kami sampaikan bahwa bagi pemula yang benar-benar baru mencoba bersepeda di JPG agar melatih putaran kaki dan jantung ( RPM min. 100 / menit selama 45 menit – 1 jam )….mengapa??? karena beberapa tanjakan di trek JPG seperti tanjakan pisang, tanjakan sumur, tanjakan setelah turunan S, tanjakan S.D., diperlukan kayuhan sepeda yang cepat….banyak kita lihat pesepeda saat menaklukkan tanjakan – tanjakan tersebut posisi roda depan sedikit terangkat-angkat….dikerenakan putaran RPM yang belum stabil, belum bulat, masih patah-patah….padahal posisi badan sudah benar duduk di ujung sadle dan posisi bahu dan lengan menekan handle bar….

Latihlah RPM anda sebagus dan sehalus mungkin….manfaatkan waktu luang, jika tidak bisa melakukan outdoor karena sibuk dengan pekerjaan, lakukan indoor dengan sepeda statis…beberapa tempat gym menyediakan sepeda statis yang bagus dan instruktur RPM class yang cukup baik bersertifikat…

Berikut adalah program latihan bersepeda :

Level 1 : RPM

Level 2 : endurance

Level 3 : interval

Level 4 : interval strength

Level 5 : interval sprint / long sprint

Tujuan mengikuti program latihan bersepeda :

1. kesehatan

2. pembentukan mental yang tangguh

3. kekuatan stamina

4. kecepatan kayuhan

5. melatih otot jantung agar terbiasa dengan detak yang tinggi, olahraga sepeda MTB sangat riskan terhadap serangan jantung dikarenakan grafik jantung yang tidak stabil disesuaikan dengan kondisi trek yang tidak flat.

6. menghindari obesitas, menurunkan berat badan menjadi ideal, merampingkan perut pinggang dan pipi.

Memang program latihan menembus level demi level agak berat dilalui…akan tetapi dengan niat dan motivasi yang ikhlas demi target mencapai kekuatan stamina dan kesehatan diri kita sendiri tentunya level demi level akan tercapai sesuai dengan kebutuhan pengembangan tehnik dan keahlian tingkat permainan kita di olahraga sepeda MTB….walaupun mengikuti program latihan balap kita tidak mesti harus mengikuti kejuaraan balap sepeda, tetapi dengan program balap otomatis badan kita sehat dan kuat….rumah tangga pun harmonis…yang akhirnya bersepeda di manapun kita akan merasa “ FUN” tanpa harus tersiksa karena denyut jantung yang tinggi dan kontur trek yang berbeda – beda….

Demikian kami sampaikan sedikit informasi tentang cara bersepeda yang aman dan cepat, beberapa advise di atas kami dapatkan dari beberapa rekan – rekan pembalap dan mantan pembalap ( atlit dan mantan atlit ) yang memiliki prestasi di tingkat local maupun nasional, kemudian kami kumpulkan dan kami rangkum pada intinya saja. Jangan sungkan bertanya kepada para pembalap yang berprestasi. Karena sesungguhnya praktek di dalam trek lebih cepat bermanfaat dengan dipandu oleh mereka yang berpengalaman di bidangnya.

Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan bisa menghindari resiko kecelakaan yang fatal bagi diri kita, sahabat kita, saudara kita, dan rekan-rekan kita……

sumber http://jpgmtbpark.wordpress.com/2011/05/19/cara-bersepeda-di-saat-lintasan-basah-hujan/

Wednesday 18 May 2011

Jalur Jatiasih May 17, 2011






Di Jakarta Timur ada beberapa tempat yang sangat asik menggunakan sepeda untuk meningkatkan kesehatan dan keceriaan hidup dengan biaya murah meriah. Salah satunya adalah JJ alias Jalur Jatiasaih yang sudah digunakan mulai beberapa tahun yang lampau.

http://www.jalurjatiasih.bravehost.com/

Friday 13 May 2011

MTB Sikecil

Aksi si Kecil Jeckson Goldstone Saat Berangkat Sekolah.
Sumber inspirasi orang tua.

Sumber: Sportku.com


Sunday 8 May 2011

Trek Sepeda JGC, Cakung Jakarta Timur
























fhotografer by duscreaktion, nyobadagang, barlyants, silhou3tt3, babi-celeng dan d,munthe.

Olah Raga

Copy Paste dari Koskas Jakarta Timur

Jakarta, Bisa jadi lari, sepeda dan renang adalah 3 jenis olahraga yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Tapi bagaimana perbandingan dari ketiga jenis olahraga ini?

Lari, sepeda dan renang adalah latihan kardio yang paling populer dan hampir semua orang memiliki akses untuk melakukannya. Semua kegiatan ini bisa memberikan tubuh yang sehat dan pembakar kalori yang sangat baik.

Untuk mengetahui perbedaan ketiganya, maka simaklah perbandingan ketiga jenis olahraga ini seperti dikutip dari Lifemojo, Senin (25/4/2011) yaitu:

Kemampuan membakar kalori

1. Lari: olahraga ini merupakan pembakar kalori terbaik diantara yang lain, seseorang bisa saja membakar 500-800 kalori per jam
2. Sepeda: olahraga ini umumnya membakar kalori sebanyak 350-650 kalori per jam
3. Renang: olahraga ini bisa membakar 350-700 kalori per jam


Risiko cedera

1. Lari: merupakan salah satu olahraga dengan rawan cedera tertinggi akibat adanya tekanan yang terkait dengan latihan tersebut
2. Sepeda: olahraga ini memiliki dampak risiko yang rendah
3. Renang: olahraga ini memiliki dampak risiko yang lebih rendah pada tungkai, sendi dan otot karena adanya sifat mendukung dari air. Studi menunjukkan olahraga dalam air setinggi pinggang akan mengurangi tekanan pada sendi sebesar 50 persen, jika setinggi dada mengurangi tekanan pada sendi sebanyak 75 persen. Hal ini membuat olahraga kolam bagus untuk orang yang baru pulih dari cedera.


Biaya

1. Lari: biaya yang dikeluarkan bisa dibilang tidak ada karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, hanya dibutuhkan sepasang sepatu lari yang nyaman.
2. Sepeda: biaya yang dikeluarkan terbilang mahal, hal ini tergantung dari jenis sepeda yang dipilihnya.
3. Renang: olahraga ini terbilang murah dari segi peralatan, yang dibutuhkan hanya sebuah akses mudah untuk masuk ke kolam renang.


Efek terhadap tubuh

1. Lari: termasuk latihan beban yang bisa membantu membangun kepadatan tulang dan melindungi dari osteoporosis. Latihan ini bagus untuk kaki terutama betis dan paha belakang.
2. Sepeda: latihan ini bagus untuk membentuk dan mengencangkan paha, paha depan, otot-otot betis dan daerah panggul.
3. Renang: latihan ini umumnya memberikan manfaat bagi tubuh secara menyeluruh, tapi secara konsisten bisa membangun kepadatan kaki, punggung, bahu dan otot lengan.


Manfaat secara kardio

1. Lari: meningkatkan aliran darah dan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh sehingga bermanfaat bagi memori, konsentrasi dan ketahanan fisik.
2. Sepeda: latihan ini baik untuk jantung dan dapat mengurangi timbulnya penyakit jantung.
3. Renang: melatih tubuh agar bisa menggunakan oksigen secara efisien.


Tidak dianjurkan pada

1. Lari: orang yang memiliki masalah dasar pada jantung sebaiknya menghindari olahraga ini, serta orang dengan masalah pada pergelangan kaki, lutut dan sendi pinggul.
2. Sepeda: olahraga ini tidak dianjurkan pada orang yang memiliki masalah tubuh bagian belakang dan rheumatoid
3. Renang: olahraga ini tidak dianjurkan pada orang yang fobia terhadap air


Bagi orang yang memiliki penyakit diabetes, asma, angina (gangguan jantung), tekanan darah tinggi atau baru melakukan operasi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karenanya pemilihan jenis olahraga yang tepat sepenuhnya tergantung pada kondisi kesehatan serta tujuan dari berolahraga.
sumber berita diatas

Saturday 7 May 2011

Freeweel 12







Freewheel 12
Dame Munthe • 4 minggu yang lalu • 5 komentar di Kategori: Umum | edit • hapus

Tahun 50 an di Medan ada sepeda freewheel 12 yaitu sepeda yang didayung ke depan roda bergerak ke muka dan bila didayung ke belakang maka roda bergerak mundur alias fixie jaman kini. Namun waktu itu tidak warna warni.

Anak bontot di rumah minta dirakitkan sepeda fixie. Segera diburu sepeda tua untuk mendapatkan frame kuat murah meriah. Selesai dipreteli langsung diadakan pengamplasan kasar dan bagi bekas cat lama yang bandel dilakukan pengerukan. Kemudian dicuci dengan air sabun, dijemur.

Dicat merata dengan cat primer Diton lapisan mula. Diamplas halus. dicuci dan kemudian lapisan primer berikut dilakukan, habis satu kaleng. Setelah kering maka cat seprot warna fylox dapat pula dilaksanakan. Buat merata dan habiskan satu kaleng dan dilakukan bertahap. Susul kemudian dengan penyemprotan cat anti gores fylox. Habiskan setengah kaleng, selesailah pengecatan.

Hasil rakitan:

Frame: Merek tidak diketahui

Roda: Veleg bawaan Araya 26 x 1.3 x 36 H, Jari standard baru, Hub, Genio baru. Gier Fixie 36 P baru. Crank Rongsal 16 T baru. Rante DTO baru. Pedal balap baru. Ban luar United Oshaka nilon 26 x 1.75 baru. Ban dalam King Land baru. Rem depan United baru.

Stang bawaan dipotong kiri kanan 5 cm, Sadel Genio baru .Tiang sadel Ginio baru. Standard bawaan Gorin. Tehnisi rakit Parjo Service Sepeda Swadaya Raya, Rawadomba, Jakarta Timur.

Cuma giernya saja yang fixie jaman kini. Barang lainnya suka suka dia saja alias tidak mengikuti mode fixie masa kini. Kayak freewheel 12 di Medan itu. Namanya juga anak bontot, ya begitulah...Dana Rp. 800 ribu jadi sepeda itu.



Jakarta April 2011.

Thursday 5 May 2011

Jalur BKT

Senina ras turang adi ku Jakarta kam, banci sicubaken jalur BKT Banjir Kanal Timur. Jakarta Timur nari em ingan aku tading Duren sawit lit isebelah BKT e seh ku laut daerah Bekasi PP 40 km. Enda poteret na